Sunday 22 February 2015

Sabtu, 15 November 2014

 
Ya, pagi itu seperti biasa, aku berangkat untuk tahsin. Pukul 9.00 tahsin pun selesai. Aku bergegas untuk pulang. Berjalan kaki menuju tempat ngetem angkot 32.

Sip. Aku pun langsung ambil posisi duduk di pojokan. Buka tas, ambil buku lalu ngelanjutin bacaan yg sempet terpotong tahsin tadi.

Salah satu kebiasaan baru saya di angkot adalah bahwa di angkot pun harus melakukan sesuatu. Bukan bengong. Entah itu baca Al-Qur'an, muroja'ah, atau baca buku, atau nulis. Wkwk. Lucunya, orang sering mandang gimana gitu. Mungkin karena aku terlihat begitu sibuk di saat yang lain hanya hanyut dalam kediamannya. Tapi aku nggak peduli diperhatiin orang. Kan lumayan perjalanan 2 jam (pulang pergi) kalau nggak di isi kegiatan apapun. Hmm...kepikiran deh, pengeen bgt kultum dalem angkot. Kalo di malaysia ada yang namanya gerobak dakwah, pengen buat angkot dakwah di Indonesia. Hihihi. Tapi... masih kurang nih nyalinya.

Oke next... setelah baca berlembar-lembar halaman, angkot pun terus melaju. Saya sesekali melihat jalanan dari kaca belakang. "Hmm cepet banget sih udah belok aja. Emg deket ya?" Gumam saya dalam hati saat mendapati si abang supir sudah membelokan kemudinya. Kemudian saya pun asyik membaca lagi. Tapi... hmm kok? Ini jalanan asing ya lama-lama? Akhirnya saya putuskan buat ngelihat kaca depan tuk mastiin jurusan angkot. "Cangaaaaaiii! Ceroboooh!!!"

"Cililitan"
Gitu tulisannya. Astaghfirullah.

"Kiri bang."
Kata saya.

Sayang amat di sayang. Saya nggak bawa uang persiapan nyasar sebagaimana biasanya. Oke, jalan kaki deh saya. Alhamdulillah. Apa perasaan saya? Ya kadang jengkel juga sih sama diri sendiri yg hobbi bgt nyasar. Tapi karena sudah terlalu sering nyasar seperti ini, saya enjoy aja ngejalaninnya. Rumus kalo nyasar itu sederhana;Tenang dan nikmatilah. jalan pulang pasti ada. Saya jalaaaan tuh, sampe ke tempat naek 32. Berapa kilo ya? Sekitar 1 kiloan mungkin. Akhirnya saya pun naik 32 beneran. Baca buku lagi. Kemudian sampai rumah.

Terus...
Apa ya pentingnya hal semacem ini buat diceritain?

Ada kok pentingnya. Ada ibroh disini.

Jika hidup kita diibaratkan sebuah perjalanan, tentu nyasar adalah sebuah permasalahan. Namun apakah yang harus kita lakukan saat kita dihadapkan pada sebuah permasalahan? Pertama kali yang harus kita siapkan adalah mental yg tangguh yg siap menghadapi permasalahan tsb. Pikiran positif bahwa setiap permasalahan pasti ada penyelesaiannya. Dan pastinya kita sangat membutuhkan ketenangan agar dgn mudah mencari jalan keluar tsb. Kau tahu? Dimana ketenangan itu bisa engkau dapatkan? Al-Qur'an menjawab "...sesungguhnya HANYA dengan mengingat Allah hati menjadi tenang."

Saat kita berhadapan dgn masalah, tenanglah dan katakan "hai masalah, aku punya Allah yg Maha Besar." Sungguh, Allah lah penggenggam solusi dari setiap persoalan hidup yg kita alami.

Jangan keburu panik dihadapan masalah. Sulit bagi kita untuk berpikir jernih jika kita tidak tenang.

Jadi?
Saat kita berhadapan dgn masalah maka hadapkan segera hati kita kepadaNya. Ingatlah Allah: bahwa sejatinya masalah yg menimpa kita terjadi atas seizin Allah, maka patutlah bagi kita untuk memohon kepadaNya supaya menolong kita mengatasinya.

Masalah?
Tenang ada Allah.
Bersama Allah apa yg tdk bisa kita atasi?

No comments:

Post a Comment