Sunday 22 February 2015

Perjalanan Kedua di 15 November 2014

 
 
Okey, setelah pagi hari itu saya nyasar dan akhirnya pulang ke rumah dengan selamat, sore harinya saya ada keperluan lagi sehingga perlu keluar rumah.

Sore itu ada arisan orangtua murid tk alhuda tahun ajaran 2013/2014. Bertempat di rumah salah satu wali murid yg masih di daerah kampung sumur.

Setelah turun dari angkot, saya pun berjalan sambil menyusun sisa-sisa ingatan saya terkait lokasi rumahnya. Sulit. Entahlah, kapan saya akan lulus dari program ingat jalan. Lemah sekali saya soal ini. Sering pula, saya sulit mengingat nama dan wajah secara bersamaan. Makanya, kalau di jalan saya bertemu dengan seseorang kemudian dia menyapa saya dan mengajak ngobrol saya, saya memang welcome, tapi dalam pikir saya, saya berusaha maksimal untuk mengingat, "duuuh siapakah namanya? Kenal dimana ya? " Dan hasilnya? Otak menjawab, maaf data tidak ditemukan. Lain hal lagi; ingat nama tapi tak ingat wajah. Ini bagus nih. Biasanya terjadi kalau saya sedang suka seseorang. Saya hanya ingat namanya dan gambaran wajah hilang seketika. Hmm...dan untuk hal ini saya sengaja membiarkan diri saya untuk tidak mengingatnya. Ini anugerah. Entah penyakit lupa macam apa ini?

Eh, back to topic. Saya pun berjalan, di pertigaan saya bimbang. "belok Kiri atau kanan yaa? Ya Allah, yani lupa ya Allah. Mohon pertolongan ya Allah, pertemukan yani dengan orangtua murid, aamiin."

Baru aamiin, depan mata nongol tuh wajah orangtua murid lagi naek motor. Waduh, cepet banget dikabulnya ya Allah? Saking shock dan senengnya, saya sampe kelu buat nanya alamat rumah yang ketempatan arisan. Alhasil? Saya cuma negor dowang. Iya, negor dowaang. "Bu...." udah gitu. :(

Yaudahlah... saya ijtihad aja sendiri. Saya ambil kanan. (Padahal mestinya kiri).

Saya jalaaan terus dan semakin menjauh dari rumah ketempatan arisan. Akhirnya saya berhenti ketika saya bener-bener mau mengakui 'ya, kamu nyasar lagi.' Baiklah. Saya pun mengirim pesan kepada beberapa orangtua murid yg kontaknya ada di hp saya. Nahas. Tak berbalas. Baru di balas pas aku dah sampai di rumah. "Buuu, maaf baru liat hp."

Baiklah, aku putuskan ambil langkah 'balik kanan, gerak'. Menyusuri lagi jalan-jalan yg sebelumnya dilalui. Lalu berhenti di depan sebuah mushola dan menelpon salah seorang guru untuk menanyakan rute yg harus di tempuh kalau dari mushola tersebut. Ternyata guru itu juga masih di jalan dan tak bisa memberi tahu rute karena nggak tahu jalan juga.

Saya duduk di seberang mushola, tepatnya di depan warung di bawah jemuran orang. Ada tempat duduknya disitu sih. Setengah jam ada kali disana. Nyari semangat yang mulai nguap entah kemana. "Ah cangai, kayaknya kamu nggak pernah putus asa deh kalo nyasar. Nggak pernah mutusin buat balik pulang ke rumah sekalipun nyasar. Ayo, lanjutin perjalanan.", " Aku cuma capek. Kamu sih kebangetan. Masa nyasar sehari dua kali? Udah kayak mandi aja." Sore ini perjalanan nyasar mungkin ada 1-2 kilo. Gimana nggak pegel coba kalo ditambah sama nyasar yg tadi pagi?

Klu dari bu guru yang aku telpon tadi cuma, "tanya aja bu, warung ucok."

Sip, aku tanya deh ke kakek-kakek. "Pak, maaf mau tanya, warung ucok dimana ya?"

"Warung ucok yg mana mbak? Disana ucok, di sono juga ucok."

Nahloh.

Udah udah, cukup. Saya capek ah panjang panjang cerita. Yg penting pada akhirnya saya nemu juga tuh rumah.

Kali ini saya cuma mau cerita aja. Karena udah terlanjur capek ni jari-jari ngetik di hp...ibrohnya dikit aja ya...

1. Tentang doa yg dikabul seketika itu...

Hehe...dalam doa itu mesti sabar. Janganlah tergesa-gesa ingin dikabulkan dengan segera . nggak selamanya cepat dikabul itu akan baik. Sama halnya dengan menanam pohon, sabarlah melewati proses sampai pohon itu bisa berbuah. kalo maksa harus brrbuah sekarang juga, yah Bisa-bisa tar kejadiannya kayak kisah ini...saya nggak siap karena terlalu singkat jarak antara amin dan kabul. Et, bukan ijab dan kabul yah :))

2. Jangan sembarangan berijtihad. Apalagi kalau ilmunya nggak ada. Duh, siap siap nyasar deh kamu ya. Kamu punya mulut, bertanyalah pada ahlinya. In syaa Allah itu lebih selamat.

3. Jangan pernah hobbi nyasar, itu bikin capek. Hehe. :) ya...hidup di dunia ini kalo kita nggak ada di jalan yg bener, kita bakalan ngerasa capek. Capek yang nggak guna. Kalau capeknya di jalan yg bener itu bakal jadi pahala. Kalo capeknya di jalan yg salah? Udahlah...putus asa pasti jadinya.

4. Selalu ada jalan untuk kembali. Meski sejauh apapun kita sudah tersesat.

5. Isi sendiri ya....

No comments:

Post a Comment