Tuesday 24 February 2015

Tahukah Kamu Berapa Jumlah Ayat Al-Qur'an dan Ayat Apa yang Terakhir Turun?



Banyak pengetahuan agama islam dalam buku-buku pelajaran sekolah yang harus direvisi. Dan rasanya, buku agama islam di sekolah itu kurang "greget". Standar banget ditambah waktu pembelajarannya yang hanya 2 jam pelajaran dalam sepekan. Harus ada gebrakan soal ini. Supaya paling tidak, 2 jam yang ada benar-benar teresapi dengan baik. Supaya 2 jam yang ada jadi jam yang paling dinantikan kehadirannya.

Pengetahuan umum soal jumlah ayat di Al-Qur'an yang biasa kita temukan dalam buku PAI adalah 6.666 padahal seharusnya
6.236.

Juga soal ayat yang terakhir turun: mahsyurnya adalah ayat ketiga dari surat Al-Maidah ya kan? yang bunyinya "Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu..." padahal bukan. Ayat ini turun kurang lebih 81 hari sebelum wafatnya Rasulullah saw. Ayat terakhir yang turun adalah ayat ke 281 dari surat Al-Baqarah yang bunyinya:

"Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)."

Ayat ini turun 9 hari sebelum wafatnya baginda Nabi saw.

Namun pertanyaan yang muncul kemudian adalah...
Setelah turun ayat yang menyatakan "Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu..." apa iya masih turun ayat lagi? Kalau sudah sempurna, berarti tak perlu ada ayat yang turun lagi kan?

Jawabannya adalah...
Ayat ketiga dari surat Al-Maidah ini mengisyaratkan soal sempurnanya ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum syariat. Setelah turun ayat ini, tak ada lagi ayat yang menyinggung soal hukum. Sudah sempurna. Sementara ayat 281 dari surat Al-Baqarah sama sekali tidak menyinggung soal hukum.

Allahua'lam

-Disarikan dari mata kuliah 'ulumul qur'an, materi Nuzulul Qur'an-

No comments:

Post a Comment