Tuesday 10 May 2011

QS. An-Nur

bismillahirrahmanirrahim

udah lama ngga nulis notes nih..
hem lagi nggak ada pulsa modem ples udah jarang maen laptop lagi kalo di rumah.

cekidot lah.

Surat ke 24 dalam Al-Qur'an..
apakah itu ?
yap QS. An-Nur. artinya Cahaya. di ambil dari kata An-Nur dalam ayatnya yang ke 35. surat ini termasuk surat Madaniyah. Dalam ayat ini, Allah swt. menjelaskan tentang Nuur Ilahi, yakni Al Quran yang mengandung petunjuk-petunjuk. Petunjuk-petunjuk Allah itu, merupakan cahaya yang terang benderang menerangi alam semesta. Surat ini sebagian besar isinya memuat petunjuk- petunjuk Allah yang berhubungan dengan soal kemasyarakatan dan rumah tangga.

kenapa ane pengen bahas surah ini ??
oke ane cerita ya bentaran. pada suatu malam ane dilanda kegalauan. asseeek. nah, akhirnya ane cari obat hati dah lah. yap AL-QUR'AN. jika orang mengatakan sakit hati tidak ada obatnya, ane nggak setuju lagi sama kalimat itu. karna Al-Qur'an adalah obat paling mujarab mengobati hati yang duka, kecewa, atau indikasi sakit hati lainnya..

terbukti dalam hidup ane yang sedang jalani sekarang. Allah seringkali memberi tahu jalan keluar dari suatu permasalahan yang ane sedang ataupun belum ane hadapi melalui kalamNya ini. bahkan selalu ane temukan ayat apa-apa yang ane sedang risaukan. ayat yang menyemangati, mengingatkan, dan membangkitkan ghiroh yang mulai padam. Nah, pada malam itu ane memutuskan untuk membaca QS An-Nur dan berberapa surah lainnya..
ane cukup terkejut membaca ayat pertama surah ke 24 itu..

"(Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya"
(QS 24 : 1)
Kenapa ane terkejut ??
ya karna penekanan yang begitu dahsyat pada ayat tersebut mengingat ayat-ayat selanjutnya adalah mengenai hukum-hukum  "perzinahan" , menutup aurat, daan adab pergaulan antar ikhwan-akhwat yang seringkali orang justru melanggarnya.

untuk semuanya..
jika telah datang suatu keterangan janganlah masa bodo..
perbedaan antara kaum mukminin dengan musyrikin hanyalah pada kedua kalimat ini :
"sami'na wa atho'na" dan "sami'na wa ashoina"
ya mereka sama-sama mendengar..
tapi bedanya mukminin taat sedangkan musyrikin tidak..

nah jadi jelas kalau ayat ini wajib hukumnya..
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."
(QS An-Nur : 31)

jadi ???
cuma ngasi tau ya.

No comments:

Post a Comment