Tuesday 24 February 2015

Setiap Kebaikan Adalah Sedekah



Dari jabir ra. Rasulullah saw bersabda: kullu ma'rufin shodaqoh, setiap kebaikan adalah sedekah." HR. Bukhari

Ini, salah satu hadits diantara sekian banyak hadits dalam riyadush-shalihin bab banyaknya jalan kebaikan yang mudah dihafal karena singkatnya.

Namun, seperti yang kita ketahui, salah satu kecakapan Rasulullah saw. dalam berbicara adalah "jawami'ul kalim", sedikit kata, banyak makna. Sedikit tapi berbobot. Beda dengan kebanyakan dari kita yang banyak bicara tapi tak ada bobotnya, na'udzubillah. Maka hadits super singkat ini memberi kita kabar gembira bahwa ternyata shadaqoh itu tidak semata tentang fulus. Bahkan setiap kebaikan itu dinilai shodaqoh.
Berdzikir itu shodaqoh, senyum itu shodaqoh, membantu seseorang yang butuh pertolongan adalah shodaqoh,
memberi sisa ayam yang kita makan pada kucing juga shodaqoh, mengajari orang akan kebaikan juga shodaqoh, menahan seseorang dari perbuatan maksiat juga shodaqoh. Setiap langkah yang kita tempuh untuk mencari ilmu adalah shodaqoh. Atau kalaulah kita tak bisa memberikan kebaikan pada orang lain, setidaknya tahanlah diri dan lisan kita agar jangan sampai menyakiti dan menzalimi orang lain.

Ya, bershodaqohlah sebanyak-banyaknya. Pada siapa saja, dimana saja, kapan saja. Tak perlu yang besar, sedikit tapi terus-menerus itu jauh lebih baik daripada kita melakukan hal besar tapi hanya sesekali. Lakukanlah, sebab kita tidak tahu, amal mana yang membuat Allah ridho dan memasukkan kita ke dalam surgaNya. Bisa jadi, karena amal yang sepele kita masuk surga, bisa jadi pula karena dosa yang kita anggap sepele kita terjerumus ke neraka.

Allahua'lam

No comments:

Post a Comment